Tom Yum Kung ต้มยำกุ้ง

 Tom Yum Kung. Tom Yum Kung adalah hidangan utama banyak orang. orang-orang Thailand dan orang asing mengenal karena itu adalah makanan yang lezat dengan rasa asam, pedas, pedas Terutama kaldu yang kental dan kental, tidak bisa dilihat. Ada dengan udang besar, daging putihnya kencang mengambang di air merah yang lembut, bersama dengan banyak bahan herbal seperti tomat, paprika, daun jeruk purut, serai dan bawang, semua membuat rasa sup udang lezat sekali. Dan juga membuatnya menjadi obat masuk angin, akan ada sedikit keringat. Semakin banyak Anda makan, semakin panas Baik pedas dan panas, semakin baik mood untuk makan.



Tom Yum Kung adalah makanan yang kaya akan mineral, protein dan karbohidrat, memiliki lebih sedikit lemak, udang adalah daging yang memiliki kolesterol baik. Berguna untuk tubuh Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung juga Termasuk seng dan selenium dalam jumlah tinggi Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Tingkatkan resistensi terhadap infeksi Produk herbal Tom Yum seperti lengkuas, serai, daun jeruk purut memiliki khasiat untuk menyembuhkan perut kembung, batuk, menyembuhkan memar di usus, mengatasi mual, menyembuhkan kolik dengan baik.

Tom Yum Kung adalah hidangan favorit orang Thailand untuk waktu yang lama. Dan juga penting sebagai makanan nasional Saat ini, ia telah mendapatkan popularitas di banyak negara. Dengan rasa yang lezat, unik dan unik, karenanya membuat semua orang merasa tertarik dengan rasa Tom Yum Kung.

 

Bagaimana melakukan

1. Rebus tulang rebus dengan menambahkan udang. beri irisan serai dan ketumbar saat direbus. masukkan air yang dicampur ke dalam kaldu.

2. Rebus air, tambahkan serai, jamur jerami, air mendidih, tambahkan udang, tunggu sampai mendidih, lalu tambahkan saus ikan lembutkan daun jeruk purut.

3. Lelehkan pasta cabai dan susu kental tanpa pemanis dalam mangkuk saji, aduk rata, tambahkan jus lemon, cabai.

4. Sendok sup dalam mangkuk saji. Hiasi dengan ketumbar.

 

อาหารที่ฉันชอบ


ต้มยำกุ้ง เป็นอาหารหลักจานโปรดของหลายๆคน ที่คนไทยและคนต่างชาติรู้จักกันดี เพราะเป็นอาหารที่อร่อย มีรสชาติเปรี้ยวเผ็ดจัดจ้าน โดยเฉพาะน้ำซุปที่เข้มข้นเห็นแล้วก็อดน้ำลายไหลไม่ได้ ประกอบกับกุ้งตัว ใหญ่ เนื้อสีขาวแน่นๆ ลอยตัวอยู่ในน้ำสีแดงอ่อนๆพร้อมกับกับเครื่องปรุงที่เป็นสมุนไพรหลายอย่าง เช่น มะเขือเทศ พริก ใบมะกรูด ตะไคร้ และหัวหอม ล้วนทำให้รสชาติของต้มยำกุ้งอร่อยเหนือเกินบรรยาย และยังทำให้เป็นยาระบาย ช่วยขับลมอีกด้วย สังเกตได้จากตอนรับประทานจะมีเหงื่อออกมาเล็กน้อย ยิ่งรับประทานตอนร้อนล่ะก็ ทั้งเผ็ดและร้อนยิ่งได้อารมณ์ในการรับประทานเป็นอย่างดีเลย

ต้มยำกุ้ง เป็นอาหารที่อุดมด้วย แร่ธาตุ โปรตีน และคาร์โบไฮเดรต มีไขมันน้อย กุ้งเป็นเนื้อสัตว์ที่มีโคเลสเตอรอลชนิดที่ดี มีประโยชน์ต่อร่างกาย สามารถช่วยลดความเสี่ยงต่อการเกิดโรคหัวใจได้อีกด้วย รวมทั้งมีธาตุสังกะสีและซีลีเนียมในปริมาณสูง ช่วยเสริมสร้างภูมิคุ้มกัน เพิ่มความต้านทานต่อการติดเชื้อ เครื่องสมุนไพรต้มยำ เช่น ข่า ตะไคร้ ใบมะกรูดมีสรรพคุณแก้ท้องอืด แก้ไอ แก้ช้ำใน ขับลมในลำไส้ แก้คลื่นเหียน แก้จุกเสียด ได้ดี

ต้มยำกุ้งเป็นอาหารจานโปรดของคนไทยมาช้านาน และที่สำคัญยังจัดเป็นอาหารประจำชาติอีกด้วย ในปัจจุบันได้รับความนิยมไปถึงนานาประเทศ ด้วยรสชาติที่อร่อยมีความโดดเด่นและมีเอกลักษณ์ที่ไม่เหมือนใครจึงทำให้ใครต่อใครต่างพากันติดใจรสชาติของต้มยำกุ้ง


วิธีทำ

 

        1. ต้มน้ำต้มกระดูกโดยใส่เปลือกกุ้ง ตะไคร้หั่นท่อน และรากผักชี เมื่อเดือดยกลง

            กรองเอาแต่น้ำเป็นน้ำสต็อก

        2. นำน้ำสต็อกตั้งไฟ ใส่ตะไคร้ เห็ดฟาง พอน้ำเดือดใส่กุ้งรอจนเดือดแล้วใส่น้ำปลา ฉีกใบมะกรูดใส่ลงไป

        3. ละลายน้ำพริกเผากับนมข้นจืดในชามเสิร์ฟ คนให้เข้ากัน เติมน้ำมะนาว พริกขี้หนูบุบ

        4. ตักต้มยำใส่ชามเสิร์ฟ โรยหน้าด้วยผักชี


Vocabulary

1.       อาหาร                            /?a-han/                          makanan

2.       กุ้ง                               /kung/                        Udang

3.       สมุนไพร                         /sa -mun-pai/                Herbal

4.       พริก                                    /pik/                                  cabai

5.       ไขมัน                                   /kai-man/                        Gendut

6.       ประโยชน์                            /pa-yod/                          Manfaat

7.       ต้านทาน                             /tan-than/                      Tahan

8.       ร่างกาย                              /rang-kay/                      Tubuh  

9.       แร่ธาตุ                                /rae-that/                       Mineral

10.   สำคัญ                                /sam-khan/                    Penting


แสดงความคิดเห็น

0 ความคิดเห็น